“Be One Hundred Percent, Man!!”

By: Muhamad Sahrul Murajjab

Saya pelacur tapi hati saya tetap suci“, demikian ungkap seorang pelacur dalam acara talk show di salah satu TV Inggeris yang dikutip Dr. Hamid Fahmi dalam tulisannya yang berjudul “DUALISME”.

Dalam tulisan tersebut Hamid Fahmi juga mengutip penggalan percakapan dua sejoli dalam film Independent Proposal, “I slept with him but my heart is with you”.
***

Menggelikan! Tapi itulah kenyataannya. “Menjadi seratus persen!” sudah susah untuk diingat atau bahkan jadi barang langka. Inspirasi “Be 100%”, jargon iklan salah satu minuman kesehatan pun mengusik saya

Hidup memang benar telah terfragmentasi dan pecah berkeping ke dalam bagian-bagian yang rumit untuk disambung-sambung. Dalam bahasa gaul anak-anak muda sekarang, mungkin sah untuk disebut, “kalau malam ngakunya bernama Ani, tapi kalau siang panggilannya Joko” (maaf jika ada kesamaan nama).

Itulah realitas.

Mungkin baik untuk merenung sejenak. Dari kepingan-kepingan itu lantas saya harus memilih “satu keping” untuk saya ambil, saya peluk erat-erat, kemudian saya nyatakan komitmen saya kepadanya, “I am with you 100%”.

Itu teorinya.

Lantas, kepingan mana yang harus diperhitungkan??. Para pencari ‘Keabadian’ yang sungguh-sungguh, tentu mengarahkan bidikan 100% komitmennya ke arah sana. Para pencari kepuasan, laiknya berupaya “being 100%” sebagai seorang petualang yang terpuaskan dari ujung kuku kaki sampai ujung rambut. Para pencari jabatan, pun tak akan merasa tenang jika belum bisa 100% menimang-nimang jabatannya. Mau yang primordial, transendent, profan, pseudic,  mau yang abadi, yang sementara, pragmatik, atau…. and so on.

Itulah pilihan.

Masa bodohkah dengan semua ITU???.
Sebagai penutup, kalimat terakhir yang pasti benar: bebas bagi siapa saja untuk memilih, karena toh, dia sendiri juga yang akan menanggung akibatnya. “Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir.” (QS. Al-Kahf/18:29)

Being 100%???
Mau???

Pejambon, 26 Mei 2009, revised on 29 Des 2009

Tags: , ,

Leave a Reply

